Senin, 26 Maret 2012

Cute Korean House

Mari kita kenali desain rumah Korea yang memiliki sifat menyatu dengan alam sekitar tersebut. Pada dasarnya, desain rumah Korea, baik luar maupun dalam, ditata sedemikian rupa dengan prinsip yang disebut baesanimsu. Arti harafiah prinsip ini adalah rumah ideal dengan gunung di bagian belakang dan sungai di depan, serta memiliki ondol atau gudeul, sebuah sistem penghangat ruangan bawah lantai.
Sebenarnya konsep rumah korea tidak jauh berbeda dengan konsep rumah jepang. arsitektur kayu masih menjadi prioritas utama pembuatan rumah bergaya korea. untuk masalah design, sebenarnya itu tergantung pemilik rumah bagaimana ia berekperimen dengan rumahnya agar menciptakan suasana yang dia inginkan baik itu bergaya klasik maupun modern. ini beberapa gambar yang menyajikan rumah tradisonal korea yang memiliki design modern :
Design ruang tengah yang menarik dimana terdapat gorden motif kotak kotak berwarna biru menambah kesan klasik dan manis design rumah tradisional korea. (perlu di ingat bahwa di korea sangat menyukai design kotak-kotak polos untuk di gunakan sebagai taplak meja atau gorden) dominasi lemari-lemari kayu juga mempercantik ruang tengah rumah ini. aku sendiri sudah menggunakan motif kotak-kotak untuk hiasan kamarku, dan hasilnya memang ga mengecewakan, kamarku jadi bernuansa korea :)
Penambahan pernak-pernik sangat mempengaruhi cantik atau tidaknya design ruang tengah. pilihlah pernak-pernik yang sesuai dengan bentuk dan design yang kamu inginkan. jika menginginkan design yang cute, pernak-pernik seperti diatas sangat cocok dijadikan referensi untuk mempercantik rumahmu.
Kalau kalian sering nonton drama korea, pasti uda ga asing lagi ngeliat design diatas. ya seperti kita ketahui design kitchen set rumah korea memiliki tempat pencucian piring dan tempat memasak yang menjadi satu. pemilihan warna kitchen set juga mempengaruhi atmosfer dapur bernuansa korea. untuk pemilihan gorden dan taplak meja lagi-lagi bermotif kotak-kotak karena seperti yang saya bahas sebelumnya orang korea sangat menyukai motif kotak-kotak. warna merah sangat pas untuk menarik kesan ramai dan segar di dapur.
Design kamar mandi rumah bergaya korea juga ga lepas dari kesan klasik. masih dengan lantai kamar mandi yang bermotif kotak-kotak kecil seperti lantai kamar mandi jaman dahulu. pemilihan tirai kamar mandi motif polkadot ini sangat pas dipasang di kamar mandi bergaya korea. pernak-pernak seperti tempat sabun di atas ini sangat lucu jika di letakkan di salah satu sudut kamar mandi. aku udah memiliki salah satu dari mereka dan memang sangat cocok di letakkan di kamar mandi, kesan koreapun di dapatkan :)

5 komentar: